Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Artikel atau paper yang diajukan belum pernah dipublikasikan sebelumnya, dan atau tidak sedang dipertimbangkan pada jurnal lainnya.
  • Format pengajuan yang dapat diterima adalah open office writer dan microsoft office word.
  • Berikan url untuk pustaka yang digunakan jika memungkinkan.
  • Tulisan menggunakan spasi single; menggunakan font times new roman dengan ukuran 10 pt;
  • Tulisan mengikuti format yang diberikan pada outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Author Guidelines

 

1. Manuskrip ditujukan kepada editor in chief dengan disertai surat pengantar (covering letter) yang menyatakan bahwa naskah belum pernah dan tidak akan diterbitkan dalam jurnal lain serta tidak ada konflik (conflict of interest) dalam hal nama-nama penulis dan pendanaan penelitian.

2. Isi manuskrip dapat  berupa hasil penelitian atau artikel review pemikiran hasil metaanalisis, teori baru, atau masukan pemecahan masalah penting.

3. Manuskrip diketik dengan pengolah kata (Microsoft Word atau sejenis lainnya), format satu kolom danjustified, spasi single, dengan panjang antara 10-20 halaman ukuran A4 (termasuk gambar dan tabel), tipe huruf Times New Roman ukuran 11.

4. Khusus untuk manuskrip yang pernah dipresentasikan dalam seminar agar diberikan surat pengantar bahwa manuskrip telah disusun ulang dan berbeda.

5. Manuskrip dapat ditulis dalam bahasa Indonesia. Setiap manuskrip harus disertai dengan abstrak  dalam bahasa Indonesia jumlah kata kurang dari 200 kata. Abstrak dilengkapi dengan 4-6 kata kunci.

6. Judul ditulis singkat, informatif, dalam bahasa Indonesia dan Inggris.

7. Sistematika penulisan untuk artikel secara umum adalah sebagai berikut:

  • Judul (bahasa Indonesia dan Inggris)
  • Nama penulis disajikan lengkap tanpa gelar/status mahasiswa/jabatan, disertai alamat afiliasi masing-masing penulis secara lengkap (nama institusi, alamat surat elektronik. Penulis untuk korespondensi agar ditandai dan dilengkapi dengan no tel/fax dan email.
  • Abstrak dan kata kunci (bahasa Indonesia dan Inggris)
  • Pendahuluan (memuat latar belakang, rumusan masalah, dan tujuan penelitian)
  • Metode Penelitian (memuat uraian bahan, peralatan, waktu dan lokasi penelitian, prosedur kerja)
  • Hasil dan Pembahasan
  • Kesimpulan (disajikan dalam format paragraf, jika ada saran dimasukkan sebagai bagian dari kesimpulan)
  • Ucapan Terima Kasih (jika ada)
  • Daftar Pustaka

8. Sistematika penulisan manuskrip berupa tinjauan pustaka (review) menyesuaikan dengan isi manuskrip.

9. Penyajian gambar (termasuk peta, grafik dan foto) diberi judul di bagian bawah, berspasi tunggal dalam format justified, diberi nomor secara berturutan. Semua gambar diutamakan disajikan dalam format cetakan hitam putih. Grafik agar disajikan secara lengkap meliputi nama sumbu, satuan, angka dan keterangan data.

10. Penyajian tabel diberi judul di bagian atas, berspasi tunggal, diberi nomor secara berturutan. Semua tabel disajikan dalam format cetakan hitam putih. Uraian data dan satuan harus ditulis lengkap. Hindari menampilkan tabel hasil output pengolah data secara langsung.

11. Persamaan matematik agar ditulis dengan Microsoft Equation dan diberi penomoran di tepi kanan.

12. Manuskrip diutamakan mengacu pada referensi dengan tingkat keprimeran tinggi (jurnal) dan relatif terkini (10 tahun terakhir). Penulisan acuan pustaka memakai sistem nama-tahun.

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.