Rancang Bangun Sistem Monitoring Pelaksanaan Dan Hasil Audit Mutu Internal

  • I Putu Adi Pratama
  • I Gede Totok Suryawan
Keywords: Sistem Monitoring, Audit Mutu Internal

Abstract

STMIK STIKOM Indonesia sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Denpasar selalu berupaya untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar guna menghasilkan lulusan yang baik. Saat ini STMIK STIKOM Indonesia sudah menerapkan sistem penjaminan mutu internal (SPMI) dengan melaksanakan audit mutu internal (AMI) setiap semester. Hasil dari pelaksanaan AMI adalah berupa temuan (ketidaksesuaian dan saran perbaikan). Temuan-temuan ini selanjutnya akan ditindaklanjuti oleh masing-masing divisi dengan melakukan tindakan koreksi. Saat ini proses pencatatan tindak lanjut hasil audit masih dilakukan dengan menggunakan aplikasi spreadsheet. Penggunaan aplikasi spreadsheet masih memiliki keterbatasan dalam hal mengetahui progress report, history serta tidak bisa dimonitoring setiap saat oleh pimpinan. Pada penelitian ini dikembangkan sistem monitoring proses AMI berbasis web. Sistem monitoring yang dikembangkan memiliki kemampuan untuk melakukan pencatatan temuan auditor maupun tindakan koreksi yang telah dilakukan oleh auditee. Dari pengujian yang telah dilakukan, didapat hasil semua fungsi-fungsi yang diharapkan dari sistem dapat berjalan dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Jogiyanto, Analisis & Desain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Yogyakarta: Andi, 2001.
[2] McLeod, R., Sistem Informasi Edisi 7 Jilid 2, Jakarta: Prenhallindo, 2001.
[3] Kristanto, A., Perancangan Sistem Informasi dan Aplikasinya, Jakarta: Gava Media, 2003.
[4] Mudjahidin, Nyoman Dita Pahang Putra, Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web Studi Kasus Di Dinas Bina Marga Dan Pemantusan, Jurnal Teknik Industri, Vol. 11, No. 1, 2010: pp. 75–83.
[5] Hikmat, Dr. Harry, Monitoring dan Evaluasi Proyek, 2010.
Published
2017-04-28
Abstract viewed = 307 times
FULL TEXT (Bahasa Indonesia) downloaded = 336 times